Minggu (05/08/2018), kelompok KKN UTM 38 mengadakan sosialisasi produk yang mereka olah sendiri dari hasil buah kelapa.  Produk tersebut mereka namakan "kembang kelapa" . Mereka mensosialisasikan produk tersebut kepada ibu-ibu PKK kecamatan Ambunten Timur.  Kegiatan tersebut sangat disambut antusias oleh para ibu-ibu PKK. Hal itu bisa dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang mereka lontarkan saat beberapa anggota kelompok KKN UTM mempraktekkan cara pembuatan kembang kelapa tersebut.
            Awal mula ide pembuatan kembang kelapa adalah ketika kelompok KKN UTM 38 pertama kali melakukan survei ke kecamatan Ambunten Timur, mereka melihat banyak sekali pohon kelapa disepanjang jalan. Namun sayang tidak ada yang memanfaatkan pohon kelapa tersebut, hingga kelapa yang masih menempel dipohon ada yang sudah tua bahkan sudah tidak layak dikonsumsi. Maka dai itu, kelompok KKN UTM 38 membuat inovasi baru terhadap buah kelapa agar lebih bermanfaat dan tahan lama dengan cara mengolahnya menjadi kembang kelapa.
            Bahan bahan untuk pembuatan kembang kelapapun terbilang mudah dicari seperti: kelapa, gula, air, dan perasa makanan. Kemudian dicampur menjadi satu, terakhir dicetak dan dipanaska di oven atau memanfaatkan pencahayaan sinar matahari selama 2-3 hari agar kembang kelapa kering dan gurih.  Mengenai harga sangatlah terjangkau berkisar Rp. 8.000. Dan aman dikonsumsi anak anak karena tidak mengandung zat yang berbahaya didalamnya.
Kesuksesan acara sosialisasi yang diadakan oleh kelompok KKN UTM 38 disalah satu rumah anggota ibu-ibu PKK ditutup dengan pembagian produk secara gratis kepada ibu-ibu PKK.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib