Proses bimbingan belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Mahasiswa dengan siswa dan siswi saling berinteraksi dalam proses belajar mengajar. Sebagai pembimbing mahasiswa perlu memiliki pemahaman yang seksama tentang semua para siswanya, baik itu segala potensi dan kelemahannya, masalah dan kesulitan-kesulitannya. Agar proses pembelajaran dapat terkonsepsikan dengan baik, maka seorang mahasiswa dituntut untuk mampu menyusun dan merumuskan tujuan pembelajaran secara tegas dan jelas dari mata pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya.
            Secara khusus proses belajar mengajar mahasiswa berperan sebagai pengajar pembimbing, untuk itu wajar bila mahasiswa memahami dengan segenap aspek pribadi anak didik seperti: (1) kecerdasan dan bakat khusus, (2) prestasj sejak permulaan sekolah, (3) perkembangan jasmani dan kesehatan, (4) kecenderungan emosi dan karakternya, (5) sikap dan minat belajar, (6) cita-cita, (7) kebiasaan belajar dan bekerja, (8) hubungan sosial di sekolah dan di rumah, (9) sifat-sifat khusus dan kesulitan belajar untuk siswa dan siswi, (10) lingkungan tempat tinggal. Usaha untuk memahami siswa dan siswi ini bisa dilakukan melalui evaluasi, selain itu mahasiswa mempunyai keharusan melaporkan perkembangan hasil belajar para siswa kepada kepada kepala sekolah.
            Oleh karena itu dengan diadakan bimbingan belajar mengajar di POSKO KKN 38, karena sebuah rencana proker yang sudah di rencanakan dari awal,  kelompok KKN 38 sepakat untuk melakukan kegiatan setiap hari, kecuali malam jum'at dan malam minggu di liburkan. Bimbingan belajar mengajar ini di mulai setelah habis isya' jam 19.00-21.00 WIB. Semua siswa dan siswi mulai dari tingkat SD, PAUD, SMP, dan SMA telah di beritahukan bahwa KKN 38 mengadakan bimbingan belajar mengajar, jadi siswa dan siswi bisa menanyakan semua pelajaran yang tidak paham yang berkaitan dengan mata pelajarannya kepada mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib