Kebiasaan masyarakat Ambunten Timur sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan masyarakat pesisir lainnya, akan tetapi ada beberapa kegiatan yang memang menjadi ciri khas desa Ambunten Timur ini. Contohnya seperti istighosah bersama atau yang biasa disebut “ASEPSAP” oleh masyarakat sekitar. Asepsap sendiri  merupakan kegiatan rutinan setiap satu bulan sekali setelah acara pengajian Jumat legi.

            Kegiatan Asepsap sendiri dimulai dengan istighosah bersama kemudian dilanjut dengan gambusan yang dilakukan oleh para laki-laki masyarakat Ambunten Timur. Menurut informasi yang didapat dari masyarakat sekitar acara Asepsap tidak hanya diadakan di satu rumah saja melainkan berpindah tempat dari satu rumah jamaah kerumah jamaah lainnya.
            Awal mula sejarah berdirinya Asepsap diawali dari inisiatif beberapa warga untuk menjalin silaturahmi, seiring berjalannya waktu berkembang lebih pesat dengan banyaknya jamaah yang mengikuti acara tersebut. Perkembangan acara Asepsap ini ditandai juga dengan bertambahnya alat musik yang digunakan yang bertujuan untuk lebih memeriahkan acara tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib